NISAUL AZIZAH, PBB210023 (2024) TINJAUAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS MEOMEO TAHUN 2024. Diploma thesis, POLITEKNIK BAUBAU.
![[thumbnail of KTI NISAUL AZIZAH PBB210023.pdf]](https://repositori.poltekbaubau.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KTI NISAUL AZIZAH PBB210023.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only until 1 September 2029.
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
NISAUL AZIZAH. Tinjauan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan di Puskesmas Meomeo Tahun 2024. Di pandu oleh Niska Salsiani Sinta dan Ahmad Amiruddin.
Pusat pelayanan kesehatan adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama,dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya. Kepuasan pasien adalah sebagian respon pelanggan terhadap tidak sesuaian antar tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya waktu tunggu dalam pelayanan kesehatan sebagai faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pasien. Waktu tunggu yang lama dapat menyebabkan ketidakpuasan dan menurunkan kualitas pelayanan yang dirasakan oleh pasien. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya komunikasi dan pelayanan yang efektif dalam meningkatkan kepuasan pasien. Tujuannya untuk mengetahui kepuasan pasien pada pelayanan pendaftaran rawat jalan di puskesmas Meomeo. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik sampling accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh pasien yang datang ke puskesmas Meomeo . Hasil dari penelitian ini Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Meomeo dari 92 responden yang telah diteliti,sangat puas sebanyak 27 responden (29,3%) puas sebanyak 47 responden (51,1%),dan cukup puas 18 responden (19,6%. Kepuasan Pasien Pada Komunikasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Meomeo dari 92 responden yang telah diteliti sangat puas sebanyak 36 responden (39,1%) puas sebanyak 39 responden (42,4,1%), dan cukup puas 17 responden (18,5%). Kepuasan Pasien Pada Waktu Tunggu Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Meomeo dari 92 responden yang telah diteliti, sangat puas sebanyak 30 responden (32,6%) puas sebanyak 42 responden (45,7%), dan cukup puas 20 responden (21,7%).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Kesehatan > Rekam Medis dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Unnamed user with email wawanwardiman354@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 13:59 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 13:59 |
URI: | https://repositori.poltekbaubau.ac.id/id/eprint/628 |