TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD KABUPATEN BUTON TENGAH TAHUN 2024

INDA, PBB210042 (2024) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD KABUPATEN BUTON TENGAH TAHUN 2024. Diploma thesis, POLITEKNIK BAUBAU.

[thumbnail of KTI INDA PBB210042.pdf] Text
KTI INDA PBB210042.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only until 1 September 2029.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
INDA. Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di RSUD Kabupaten Buton Tengah Tahun 2024 (dibimbing oleh Ahmad Amirudin dan Selvi Mayang Sari)
Tingkat kepuasan pasien merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan rumah sakit. Umumnya, jika petugas pendaftaran memberikan layanan yang ramah, sopan, bijaksana, dan bertanggung jawab, pasien akan dapat kesan pertama yang baik. Pasien sering mengeluhkan situasi tertentu yang membuat mereka meninggalkan kesan pertama yang buruk. Seperti sikap petugas yang kurang sopan, kurang ramahnya petugas, dan lambatnya pelayanan yang diberikan. Tujuan Karya Tulis Ilmiah Ini adalah untuk mengetahui bagaimana Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan di TPPRJ di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buton Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien pendaftaran rawat jalan di RSUD Kabupaten Buton Tengah pada tahun 2023 sebanyak 4777 pasien dan sampel yang diteliti adalah 98 responden. Instrument penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini mengunakan kuesioner likert kepada pasien yang telah mendapatkan pelayanan di pendaftaran pasien rawat jalan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap layanan pendaftaran yang diberikan petugas kepada Instrument yang digunakan untuk mengukur variabel penelitian ini dengan menggunakan skala likert 5 poin: sangat puas, puas, cukup, tidak puas dan sangat tidak puas. Hasil dari Penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kepuasan pasien BPJS pada dimensi tangible (Bukti Fisik) dalam ketegori (STP = 29,2%, TP = 43,8%, CP = 39,3%, P = 55,1%, SP = 44,9 %), Tingkat kepuasan pasien BPJS pada dimensi reliability (Kehandalan) dalam kategori (TP = 7,9%, CP= 25,8%, P= 57,3%, SP= 42,7%), Tingkat kepuasan pasien BPJS pada dimensi responsiveness (Ketanggapan) dalam kategori (TP= 4,5%, CP= 49,4%, P= 53,9%, SP= 39,3%), Tingkat kepuasan pasien BPJS pada dimensi Assurance (Jaminan) dalam kategori (TP= 21,1%, CP= 46,1%, P= 53,9%, SP= 50,6%) dan Tingkat kepuasan pasien BPJS pada dimensi Emphaty (Perhatian) dalam kategori (TP= 1,1%, CP= 52,8%, P= 48,3%, SP= 42,7%). Simpulan dari penelitian ini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Kesehatan > Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Divisions: Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Unnamed user with email wawanwardiman354@gmail.com
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:04
Last Modified: 08 Sep 2025 07:04
URI: https://repositori.poltekbaubau.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item
View Item