ANDRIYANI, ANDRIYANI (2022) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS SAMPOLAWA. Diploma thesis, POLITEKNIK BAUBAU.
![[thumbnail of KARYA TULIS ILMIAH]](https://repositori.poltekbaubau.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Andriyani_KTI(1)2.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2026.
Download (3MB)
Abstract
Pelayanan kefarmasian di Puskesmas merupakan kegiatan untuk mengidentifikasi, mencegah dan menyeselaikan masalah yang berkaitan dengan obat dan merupakan sarana yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kepuasan pasien adalah suatu keadaan kepuasan yang berkembang sebagai hasil dari seberapa baik kinerja pelayanan kesehatan dibandingkan dengan harapan pasien. Dengan jumlah sampel sebanyak 83 responden, penelitian ini dilaksanakan pada bulan September di Puskesmas Sampolawa dengan tujuan untuk mengevaluasi dan mempelajari tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian. Purposive sampling digunakan dalam jenis penelitian non-eksperimental ini dengan desain deskriptif (penelitian survei), dan kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat kepuasan pasien pada dimensi kehandalan 94% (sangat puas), ketanggapan 92% (sangat puas), jaminan 91% (sangat puas), empati 91% (sangat puas) dan bukti nyata 90% (sangat puas). Rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sampolawa diperoleh persentase keseluruhan 91,82% dengan kategori sangat puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pelayanan kefarmasian di Puskesmas merupakan kegiatan untuk mengidentifikasi, mencegah dan menyeselaikan masalah yang berkaitan dengan obat dan merupakan sarana yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kepuasan pasien adalah suatu keadaan kepuasan yang berkembang sebagai hasil dari seberapa baik kinerja pelayanan kesehatan dibandingkan dengan harapan pasien. Dengan jumlah sampel sebanyak 83 responden, penelitian ini dilaksanakan pada bulan September di Puskesmas Sampolawa dengan tujuan untuk mengevaluasi dan mempelajari tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian. Purposive sampling digunakan dalam jenis penelitian non-eksperimental ini dengan desain deskriptif (penelitian survei), dan kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat kepuasan pasien pada dimensi kehandalan 94% (sangat puas), ketanggapan 92% (sangat puas), jaminan 91% (sangat puas), empati 91% (sangat puas) dan bukti nyata 90% (sangat puas). Rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sampolawa diperoleh persentase keseluruhan 91,82% dengan kategori sangat puas. |
Subjects: | Kesehatan > Farmasi |
Divisions: | Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email wawanwardiman477@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Jan 2025 06:39 |
Last Modified: | 27 Jan 2025 12:40 |
URI: | https://repositori.poltekbaubau.ac.id/id/eprint/11 |